Sunday, August 7, 2011

Mengenal Lebih Dekat Imam Besar Masjidil Haram

Mengenal Lebih Dekat Imam Besar Masjidil Haram – Assalamu’alakum Warahmatullah Sobat BM7… tanpa terasa puasa yang kita jalani ini sudah memasuki hari yang ke 8 ya… Subhanallah begitu cepat waktu berlalu. Mudah-mudahan segala amal perbuatan kita dibulan yang penuh Rahmat ini diterima dan diberikan ganjaran yang setimpal oleh Allah SWT. Amin....

Pada postingan kali ini, Blog Merdiy@nse7 ini akan sedikit mengulas mengenai profil Imam Besar Masjidil Haram di Makkah Al-Mukaramah yaitu Syaikh Su’ud Asy-Syuraim. semoga postingan ini dapat menambah Khasanah keilmuan kita terutama dibulan Ramadhan yang penuh Margfirah ini.


Nama asli beliau adalah Su’ud bin Ibrahim bin Muhammad Alu Syuraim atau lebih dikenal dengan sebutan Syaikh Su’ud Asy-Syuraim. Beliau merupakan Imam Besar Masjidil Haram yang populer lagi masyhur yang memiliki kedudukan tinggi dan didengar (nasihatnya) dikalangan masyarakat muslim. Kedudukan seperti itu merupakan kehormatan istimewa bagi imam-imam Masjidil Haram.

Beliau dilahirkan di kota Riyadh pada tahun 1386 H, dan menempuh pendidikan dasarnya di Madrasah ‘Urain. Pada tingkat mutawasithah beliau menempuh pendidikan di Madrasah An-Namudzajiyah, kemudian tingkat tsanawiyah di ‘Al-Yarmuk asy-Syamilah, dan selesai dari Madrasah tersebut tahun 1404 H. kemudian melanjutkan di kuliah Ushuluddin di Universitas Muhammad Ibnu Su’ud Al-Islamiyah di Riyadh jurusan Aqidah dan al-Madzhab al-Mu’shirah, selesai tahun 1409 H, beliau melanjutkan ke tingkat Megester tahun 1410 H. di Ma’had al-Ali lilQadha’ selesai tahun 1413 H.

Pada tahun 1412 H. datanglah intruksi Khadimul Haramain yang menunjuk beliau sebagai imam, khatib di Masjidil Haram. Dan pada tahun 1413 H. beliau ditunjuk oleh Raja untuk menjabat sebagai Qodhi di al-Mahkamah al-Kubra di Makkah al-Mukarramah.

Pada tahun 1416 H. beliau meluangkan waktunya untuk melanjutkan pendidikannya di Universitas Ummul Qura untuk jenjang Dukturah (Doktor), dan beliau mendapatkan nilai ‘Mumtaz’ (istimewa/ summacumlaude) dengan disertasi yang berjudul “Al-Masalik fi al-Manasik Makhzduzdun fi al-Fiqh al-Muqarin lil Kirmani”… dan musyrif pada disertasinya tersebut adalah Syaikh Abdul Aziz Alu asy-Syaikh Mufti ‘Aam Kerajaan Saudi Arabia dan ketua Hai’ah Kibaril Ulama.

Dan pada tahun 1414 H. dikeluarkan kesepakatan dengan menugaskan beliau untuk mengajar di Masjidil Haram.

Nah Sobat BM7 saya cukupkan sampai disini dulu postingan saya mengenai Mengenal Lebih Dekat Imam Besar Masjidil Haram ini, semoga bermanfaat.

1 komentar:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog

Page Rank Check
Web Design Blogs