Monday, August 8, 2011

Bagaimana Cara Membuat Postingan yang Baik??

Bagaimana Cara Membuat Postingan yang Baik?? – Yaah! Pertanyaan seperti itulah yang sering menghinggapi pikiran saya ketika  akan membuat sebuah postingan pada blog. Bagaimana ya caranya membuat original konten yang baik?? Karena katanya originalitas suatu konten pada blog, merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan sebuah blog.

Mungkin bagi seorang novelis dan para blogger yang memiliki bakat sebagai seorang penulis, membuat suatu original konten yang baik dalam postingan bukanlah hal yang sulit. Bahkan mungkin merupakan hal yang menyenangkan. Lantas bagaimanakah dengan blogger yang tidak memiliki bakat tersebut, seperti saya misalnya?… apakah bisa melakukannya??

Nah… Sobat BM7, pada postingan kali ini saya ingin sharing ke sobat semuanya mengenai Bagaimana Cara Membuat Postingan yang Baik, sekaligus sebagai catatan kecil saya dalam belajar untuk menghasilkan sebuah original konten yang berkualitas.
Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita jadikan pedoman kita dalam menulis postingan yang baik pada blog :

1. Menulis dengan Hati
Tuangkanlah hasrat / gairah hidup kita dalam tulisan-tulisan tersebut. Jadikan diri kita sebagai Subjek  dalam tulisan. Sehingga kita akan lebih mudah menemukan aliran kata-kata dalam menulis.

2. Gunakan Kata-kata yang Sederhana
Mengunakan kata-kata yang sederhana dalam membuat sebuah konten, akan memudahkan pembaca untuk mengerti dan memahami pesan yang akan kita sampaikan dalam tulisan tersebut.

3. Tanda baca yang tepat dan Ejaan
Penggunaan tanda baca yang benar akan mengurangi resiko kesalah pahaman dalam mengartikan tulisan kita. Selain itu hindarilah kesalahan dalam mengetik (Ejaan) karena jika jumlah salah ketiknya cukup banyak, tentunya akan mengurangi kualitas dari tulisan itu sendiri.

4. Menulis Seperti Kita Bicara
Ingat, postingan blog bukan esai formal. Kita harus mengambil pendekatan yang lebih santai dan menulis dengan cara yang sama ketika kita berbicara. Bacalah lagi postingan yang telah kita buat, jika kita menemukan kata-kata yang bersifat ambigu segera lakukan pengeditan pada kata tersebut agar tidak timbul kesalah-artian dalam pemahaman isi postingan.

5. Kenali Pembaca blog anda.
Ketika kita menentukan niche blog kita, tentunya kita mengetahui siapa audies yang nantinya akan membaca blog kita. Jika blog kita mengulas mengenai dunia anak-anak, tentunya gaya bahasa dalam tulisan yang kita gunakan akan berbeda dengan orang dewasa. Oleh sebab itu mengenal pembaca blog kita adalah hal yang penting untuk kita ketahui.

6. Praktek
Dengan konsep learning by doing akan mempermudah kita dalam menghasilkan postingan-postingan yang berkualitas. Karena semakin sering kita praktekkan, maka kita akan semakin terbiasa untuk menuangkan apa saja yang ada dalam pikiran kita.

Ok Sob, mungkin itulah beberapa tips yang dapat saya share pada postingan mengenai Bagaimana Cara Membuat Postingan yang Baik?? kali ini, jika sobat semua ada tips tambahan lainnya mengenai cara membuat postingan yang berkualitas pada blog, jangan ragu-ragu ya untuk berbagi tipsnya melalui kolom komentar yang ada di bawah postingan ini.
Semoga bermanfaat.

Happy Blogging Sob….

7 komentar:

Post a Comment

 

Followers

Statistik Blog

Page Rank Check
Web Design Blogs